Menggunakan Pendekatan Pengentasan Seluruh Desa Tertinggal Secara
Bertahap (1)
Perencanaan
pembangunan daerah merupakan suatu
kesatuan dalam sistem perencanaan
pembangunan nasional yang
dilakukan pemerintah daerah berdasarkan kondisi dan potensi yang dimilikinya yang
disesuaikan dengan dinamika perkembangan nasional. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 tentang
Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025,
mengamanatkan bahwa untuk melengkapi dokumen perencanaan guna meningkatkan daya
saing perekonomian nasional yang lebih solid, pemerintah pusat telah menetapkan
suatu Masterplan sebagai kerangka acuan untuk penyusunan kebijakan percepatan
dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia pada tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota.
Sehubungan dengan Predikat Daerah Tertinggal Kabupaten
Garut yang disandang sejak tahun 2005 pemerintah Kabupaten Garut telah
melakukan beberapa langkah kegiatan dalam rangka pengentasan dari daerah
tertinggal tersebut. Pada tahun 2007 telah dilakukan identifikasi desa
tertinggal di wilayah Kabupaten Garut sebagai upaya dalam menentukan lokasi
pelaksanaan program program pengentasan daerah tertinggal. Hasil identifikasi
memperlihatkan sebanyak 207 desa dari 424 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten
Garut merupakan desa tertinggal. Jumlah tersebut tersebar di seluruh wilayah Kabupaten
Garut, dengan komposisi 94 desa di wilayah Garut selatan, 52 desa di wilayah Garut
tengah, dan 61 desa wilayah Garut utara.
Selanjutnya
berdasarkan hasil identifikasi ulang pada tahun 2011, desa tertinggal di Kabupaten
Garut berkurang menjadi 137 desa dari total 431 desa/kelurahan. Dimana sebaran
desa tertinggal tersebut proporsinya 24 desa wilayah Garut Utara, 37 desa di
wilayah Garut Tengah dan 76 desa di wilayah Garut Selatan. Pada Tabel 1 disajikan data mengenai proporsi dan sebaran desa tertinggal
di Kabupaten Garut.
Tabel 1
Proporsi dan Sebaran Desa Tertinggal di Kabupaten
Garut
Keterangan
|
2007
|
2011
|
||||
Desa Maju
|
Desa Tertinggal
|
Proporsi Desa
Tertinggal
|
Desa Maju
|
Desa Tertinggal
|
Proporsi Desa
Tertinggal
|
|
Garut Utara
|
76
|
61
|
45%
|
109
|
24
|
18%
|
Garut Tengah
|
116
|
52
|
31%
|
136
|
37
|
21%
|
Garut Selatan
|
25
|
94
|
79%
|
49
|
76
|
61%
|
Kabupaten Garut
|
217
|
207
|
49%
|
294
|
137
|
32%
|
Tabel
1 memperlihatkan tingkat penurunan yang
signifikan, dimana pada tahun 2007 proporsi desa tertinggal mencapai 49% dari
seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Garut, sedangkan pada tahun 2011
proporsinya hanya 32%. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan program
pengentasan desa tertinggal di Kabupaten Garut telah berjalan secara efektif
dan tepat sasaran. Sampai saat ini (tahun 2016) belum dilakukan lagi identifikasi yang
komprehensif.
Untuk mempercepat pengentasan desa tertinggal di
Kabupaten Garut ini, perlu dilakukan kajian untuk menentukan berbagai langkah intervensi
yang dapat dilakukan. Penentuan tindakan dan sasaran desa tertinggal yang akan
diberikan intervensi agar keluar dari ketertinggalannya sangat tergantung dari
pendekatan yang digunakan. Pendekatan tersebut dapat berupa pendekatan
kewilayahan, pendekatan kenaikan Indeks Ketertinggalan, pendekatan pengurangan
jumlah desa tertinggal, serta pendekatan pengentasan seluruh desa tertinggal
secara bertahap. Pembahasan kali ini akan difokuskan pada pendekatan
pengentasan seluruh desa tertinggal secara bertahap.
Melalui pendekatan pengentasan seluruh desa secara
bertahap, maka seluruh desa tertinggal memiliki kesempatan yang sama untuk
menaikkan statusnya menjadi desa maju. Intervensi dilakukan melalui program
mana yang paling memungkinkan untuk dilaksanakan.
Patokan yang digunakan untuk penentuan
pengklasifikasian dan intervensi yang diambil didasarkan pada indikator yang
disusun oleh kementerian PDT seperti tampak pada tabel 2.
Tabel 2
Indikator
Ketertinggalan
NO.
|
INDIKATOR UTAMA
|
SUB INDIKATOR
|
SKOR
|
|
1
|
Jumlah Penduduk
|
a.
|
< 2000
|
2
|
b.
|
2000 - 10000
|
3
|
||
c.
|
>10000
|
4
|
||
2
|
Sumber Penghasilan Utama
Penduduk
|
a.
|
Pertanian
|
3
|
b.
|
Non Pertanian
|
4
|
||
3
|
Persentase Rumah Tangga
Pengguna Listrik
|
a.
|
< 5
|
1
|
b.
|
5 - 15
|
2
|
||
c.
|
15 - 70
|
3
|
||
d.
|
≥ 70
|
4
|
||
4
|
Bahan Bakar Untuk Memasak
|
a.
|
Kayu Bakar/Lainnya
|
2
|
b.
|
Gas/Listrik/Minyak Tanah
|
4
|
||
5
|
Tempat Buang Air Besar
|
a.
|
Jamban Sendiri
|
4
|
b.
|
Jamban Bersama/Umum
|
3
|
||
c.
|
Bukan Jamban
|
2
|
||
6
|
Fasilitas Pendidikan
|
a.
|
Maksimal SD/sederajat
|
2
|
b.
|
Maksimal SMP/sederajat
|
3
|
||
c.
|
Pondok
Pesantren/SLB/Lainnya
|
3
|
||
d.
|
Minimal SMA/sederajat
|
4
|
||
7
|
Fasilitas Kesehatan
|
a.
|
Maks Puskesmas/Pustu
|
2
|
b.
|
Maks Rumah Sakit
Bersalin/Poliklinik/Praktek Dokter
|
3
|
||
c.
|
Minimal Ada RS
|
4
|
||
8
|
Jarak Mencapai Fasilitas Kesehatan
|
a.
|
> 25 km = Sangat Jauh
|
1
|
b.
|
15 - 25 km = Jauh
|
2
|
||
c.
|
5 - 15 km = Dekat
|
3
|
||
d.
|
< 5 km = Sangat Dekat
|
4
|
||
9
|
Kemudahan Mencapai Fasilitas
Kesehatan
|
a.
|
Sangat Sulit
|
1
|
b.
|
Sulit
|
2
|
||
c.
|
Mudah
|
3
|
||
d.
|
Sangat Mudah
|
4
|
||
10
|
Tenaga Kesehatan
|
a.
|
Dukun Bayi
|
2
|
b.
|
Bidan/Paramedis
|
3
|
||
c.
|
Dokter
|
4
|
||
11
|
Jenis Air Bersih Yang
Digunakan
|
a.
|
Hujan, Lainnya
|
2
|
b.
|
Sumur/Perigi
|
3
|
||
c.
|
PAM/Pompa Listrik/Pompa
|
4
|
||
12
|
Jenis Permukaan Jalan
|
a.
|
Lainnya
|
1
|
b.
|
Tanah
|
2
|
||
c.
|
Diperkeras
|
3
|
||
d.
|
Aspal/Beton
|
4
|
||
13
|
Sarana Komunikasi
|
a.
|
Ada Kantor Pos/Telp. Umum
|
2
|
b.
|
Ada Kantor Pos dan Telp.
Umum
|
3
|
||
c.
|
Ada Sinyal Telpon Genggam
|
4
|
||
14
|
Keberadaan Pasar
|
a.
|
Pasar Tanpa Bangunan
|
2
|
b.
|
Pasar Dengan Bangunan
Permanen/Semi Permanen
|
4
|
Sumber:
Kementerian PDT
Pemilihan indikator yang akan ditingkatkan
capaiannya di desa tertinggal didasarkan pada pertimbangan sebagai berikut:
1.
Indikator
yang bersangkutan memungkinkan untuk dirubah dalam waktu yang relatif cepat,
sesuai dengan tujuan program ini yaitu percepatan pengentasan desa tertinggal.
Dengan demikian, maka indikator Jumlah penduduk (ind. 1) dan indikator Sumber penghasilan utama penduduk (ind.
2) tidak dimasukkan ke dalam indikator
yang akan dirubah.
2.
Pencapaian
Indikator yang bersangkutan memungkinkan untuk ditingkatkan. Sebagai contoh,
keberadaan fasilitas pendidikan (ind.6) di suatu desa yang pada mulanya hanya
memiliki Sekolah Dasar (SD), tidak mungkin dapat langsung dinaikkan menjadi
memiliki fasilitas SMP, SMA dan seterusnya. Karena hal ini harus melalui
analisa kebutuhan yang cermat, sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.
Demikian pula halnya dengan pengadaan pasar (ind.14).
3.
Agar
berdampak lebih baik, maka diutamakan peningkatan pada indikator yang memiliki
daya ungkit terhadap indikator lainnya. ‘Pembangunan Puskesmas Pembantu
(Pustu)’ (ind. 7) akan sekaligus memperbaiki indikator tentang ‘Jarak mencapai
fasilitas kesehatan’ (ind. 8), dan juga indikator ‘Kemudahan mencapai fasilitas
kesehatan’ (ind. 9), apalagi jika dibarengi dengan perbaikan pada indikator
‘jenis permukaan jalan’ (ind. 12). Hal yang sama terjadi pada upaya menaikkan
‘Persentase rumah tangga pengguna listrik’ (ind. 3) akan memberikan kemungkinan
bagi masyarakat setempat merubah jenis ‘Bahan bakar untuk memasak’ (ind. 4).
Berdasarkan
pedoman analisa di atas, maka kelompok desa yang menjadi sasaran pengentasan
ketertinggalan adalah sebagai berikut.
Indikator
pertama berhubungan dengan presentase rumah tangga pengguna listrik. Penggalakkan program listrik masuk desa dapat
mempermudak pelaksanaan upaya ini.
Tabel
3
Daftar Nama Desa Prioritas Untuk Program Percepatan Pengentasan Desa
Tertinggal
|
||||||||||
Berdasarkan Indikator Perhitungan Desa Tertinggal Tahun
2010
|
||||||||||
Versi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal
|
||||||||||
Dengan
Sub Indikator Presentase Rumah Tangga Pengguna Listrik
|
||||||||||
No
|
NAMA KEC
|
NAMA DESA
|
Ketersedia an Listrik
|
No
|
NAMA KEC
|
NAMA DESA
|
Ketersediaan Listrik
|
|||
3a
|
3b
|
3b
|
3b
|
|||||||
1
|
CISEWU
|
GIRIMUKTI
|
2
|
3
|
27
|
CIBALONG
|
NAJATEN
|
3
|
4
|
|
2
|
CARINGIN
|
INDRALAYANG
|
3
|
4
|
28
|
CIBALONG
|
SIMPANG
|
3
|
4
|
|
3
|
CARINGIN
|
CARINGIN
|
2
|
3
|
29
|
CISOMPET
|
MARGAMULYA
|
3
|
4
|
|
4
|
TALEGONG
|
SUKALAKSANA
|
3
|
4
|
30
|
CISOMPET
|
CIKONDANG
|
3
|
4
|
|
5
|
TALEGONG
|
SUKAMAJU
|
3
|
4
|
31
|
CISOMPET
|
CIHAURKUNING
|
3
|
4
|
|
6
|
TALEGONG
|
MEKARMULYA
|
3
|
4
|
32
|
CISOMPET
|
DEPOK
|
3
|
4
|
|
7
|
TALEGONG
|
SUKAMULYA
|
3
|
4
|
33
|
CISOMPET
|
SUKAMUKTI
|
3
|
4
|
|
8
|
BUNGBULANG
|
Gn. JAMPANG
|
3
|
4
|
34
|
PEUNDEUY
|
PURWAJAYA
|
3
|
4
|
|
9
|
BUNGBULANG
|
SINARJAYA
|
3
|
4
|
35
|
PEUNDEUY
|
SUKANAGARA
|
3
|
4
|
|
10
|
BUNGBULANG
|
MEKARBAKTI
|
3
|
4
|
36
|
SINGAJAYA
|
MEKARTANI
|
3
|
4
|
|
11
|
MEKARMUKTI
|
JAGABAYA
|
3
|
4
|
37
|
SINGAJAYA
|
SUKAMULYA
|
3
|
4
|
|
12
|
MEKARMUKTI
|
KARANGWANGI
|
3
|
4
|
38
|
SINGAJAYA
|
SUKAWANGI
|
3
|
4
|
|
13
|
PAMULIHAN
|
LINGGARJATI
|
3
|
4
|
39
|
SINGAJAYA
|
GIRIMUKTI
|
3
|
4
|
|
14
|
PAMULIHAN
|
GARUMUKTI
|
2
|
4
|
40
|
SINGAJAYA
|
CIUDIAN
|
3
|
4
|
|
15
|
PAKENJENG
|
TALAGAWANGI
|
2
|
4
|
41
|
SINGAJAYA
|
CIGINTUNG
|
3
|
4
|
|
16
|
PAKENJENG
|
TANJUNGMULYA
|
3
|
4
|
42
|
SINGAJAYA
|
PANCASURA
|
3
|
4
|
|
17
|
PAKENJENG
|
TANJUNGJAYA
|
3
|
4
|
43
|
CIHURIP
|
CISANGKAL
|
3
|
4
|
|
18
|
PAKENJENG
|
NEGLASARI
|
3
|
4
|
44
|
CIKAJANG
|
KARAMATWANGI
|
3
|
4
|
|
19
|
PAKENJENG
|
SUKAMULYA
|
3
|
4
|
45
|
CIKAJANG
|
CIPANGRAMATAN
|
3
|
4
|
|
20
|
CIKELET
|
GIRIMUKTI
|
3
|
4
|
46
|
CIKAJANG
|
GIRIJAYA
|
3
|
4
|
|
21
|
CIKELET
|
LINGGAMANIK
|
3
|
4
|
47
|
BANJARWANGI
|
TALAGASARI
|
3
|
4
|
|
22
|
CIKELET
|
KARANGSARI
|
3
|
4
|
48
|
BANJARWANGI
|
PADAHURIP
|
2
|
4
|
|
23
|
CIBALONG
|
CIGARONGGONG
|
3
|
4
|
49
|
CISURUPAN
|
PAMULIHAN
|
3
|
4
|
|
24
|
CIBALONG
|
MEKARMUKTI
|
3
|
4
|
50
|
SAMARANG
|
TANJUNG KARYA
|
2
|
3
|
|
25
|
CIBALONG
|
SAGARA
|
3
|
4
|
51
|
BL.LIMBANGAN
|
SIMPEN KALER
|
3
|
4
|
|
26
|
CIBALONG
|
MAROKO
|
3
|
4
|
Ket:
NO.
|
INDIKATOR
UTAMA
|
SUB
INDIKATOR
|
SCORING
|
|
3
|
Persentase Rumah Tangga Pengguna
Listrik
|
a.
|
< 5
|
3
|
b.
|
5 - 15
|
2
|
||
c.
|
15 - 70
|
3
|
||
D
|
>..70
|
4
|
||
3a
|
Kondisi sekarang
|
|||
3b
|
Kondisi yang
diharapkan
|
Sasaran berikutnya adalah
desa-desa yang sebagian besar penduduknya belum memiliki jamban sendiri sebagai
tempat buang air besar. Data tentang hal ini disajikan pada tabel 4.
Tabel 4
Daftar Nama Desa Prioritas Untuk Program Percepatan Pengentasan Desa
Tertinggal
|
||||||||||
Berdasarkan Indikator Perhitungan Desa Tertinggal Tahun
2010
|
||||||||||
Versi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal
|
||||||||||
Dengan Sub Indikator Tempat Buang Air Besar
|
||||||||||
No
|
NAMA KEC
|
NAMA DESA
|
Tempat BAB
|
No
|
NAMA KEC
|
NAMA DESA
|
Tempat BAB
|
|||
5a
|
5b
|
5a
|
5b
|
|||||||
1
|
CISEWU
|
GIRIMUKTI
|
2
|
4
|
16
|
CISOMPET
|
CIHAURKUNING
|
2
|
3
|
|
2
|
CISEWU
|
KARANGSEWU
|
2
|
4
|
17
|
CISOMPET
|
SINDANGSARI
|
2
|
3
|
|
3
|
CISEWU
|
SUKAJAYA
|
2
|
4
|
18
|
CISOMPET
|
DEPOK
|
2
|
3
|
|
4
|
CISEWU
|
CIKARANG
|
2
|
4
|
19
|
CISOMPET
|
PANYINDANGAN
|
2
|
3
|
|
5
|
PAKENJENG
|
TALAGAWANGI
|
2
|
4
|
20
|
SINGAJAYA
|
MEKARTANI
|
2
|
3
|
|
6
|
PAKENJENG
|
TANJUNGMULYA
|
2
|
4
|
21
|
SINGAJAYA
|
SUKAMULYA
|
2
|
3
|
|
7
|
PAKENJENG
|
TANJUNGJAYA
|
2
|
4
|
22
|
SINGAJAYA
|
SUKAWANGI
|
2
|
3
|
|
8
|
PAKENJENG
|
NEGLASARI
|
2
|
4
|
23
|
SINGAJAYA
|
GIRIMUKTI
|
2
|
3
|
|
9
|
PAKENJENG
|
SUKAMULYA
|
2
|
4
|
24
|
SINGAJAYA
|
KARANGAGUNG
|
2
|
3
|
|
10
|
PAKENJENG
|
WANGUNJAYA
|
2
|
4
|
25
|
SINGAJAYA
|
CIUDIAN
|
2
|
3
|
|
11
|
PAKENJENG
|
JAYAMEKAR
|
2
|
4
|
26
|
SINGAJAYA
|
CIGINTUNG
|
2
|
3
|
|
12
|
PAMEUNGPEUK
|
BOJONG
|
2
|
4
|
27
|
SINGAJAYA
|
PANCASURA
|
2
|
3
|
|
13
|
CIBALONG
|
SAGARA
|
2
|
4
|
28
|
BAYONGBONG
|
CIELA
|
2
|
3
|
|
14
|
CISOMPET
|
MARGAMULYA
|
2
|
4
|
29
|
KARANGPAWITAN
|
LEBAKAGUNG
|
2
|
3
|
|
15
|
CISOMPET
|
CIKONDANG
|
2
|
4
|
Ket:
NO.
|
INDIKATOR
UTAMA
|
SUB
INDIKATOR
|
SCORING
|
|
5
|
Tempat Buang Air Besar
|
a.
|
Jamban sendiri
|
4
|
b.
|
Jamban bersama/ umum
|
3
|
||
c
|
Bukan jamban
|
2
|
||
5a
|
Kondisi sekarang
|
|||
5b
|
Kondisi yang diharapkan
|
No comments:
Post a Comment
Jangan lupa tulis komentar yaa..... Terimakasih.